Skip to main content

Morning Musume 10th Anniversary Live in Korea

Rating:★★★★★
Category:Music
Genre: Miscellaneous
Artist:Morning Musume
Laporan pandangan mata dari kunjungan nonton konser Momusu tanggal 1 Juni 2008, hari Minggu, jam enam sore, di Olympic Hall, Olympic Park, Seoul, Korea.
Karena baru bisa berangkat dari Daejeon jam setengah dua siang, jadi saya sampai di terminal bis express Seoul sekitar jam 15.15. Dari sana naik subway sekitar 30-40 menit, jadi sampai di tempat konser sudah jam setengah lima. Datang di sana sudah banyak para penonton yang sudah datang, lengkap dengan atribut Momusu dan member2nya. Kebanyakan berkumpul dalam sesama grupnya, misalnya klub Team Kamei, atau YankeeNeko Tanaka, atau Koharu-land, etc. Nggak jauh dari pintu gerbang konser, sudah disediakan tempat buat antrian bagian tempat duduk berdiri (duduk kok berdiri? heheh, maksudnya standing ticket, persis depan panggung) sesuai nomor di tiket. Di sekitar gedung konser ada beberapa tenda tempat jualan concert goods, cd single momusu Resonant Blue dan cd+dvd 10th anniversay, lalu ada tenda tempat jualan donat ~ternyata ini salah satu sponsornya~, dan tenda tempat penitipan barang.

Di tenda concert goods, sebelum membeli, kita harus mengisi semacam formulir barang apa aja yg mo dibeli. Di meja itu ada daftar barang yang bisa dibeli. Ketika saya sudah sampai di sana, ternyata sebagian besar sudah terjual, terutama kaus yang bertuliskan konser di Korea (tentu saja, karena bakal benar2 jadi specific item dan langka). Di bagian lain halaman gedung konser, ada ticket box, masih banyak orang yang antri beli tiket di sana (entah harganya jadi lebih murah apa lebih mahal apa tetap, gak perhatiin.. hihi..). Sambil menunggu gerbang dibuka, kira2 jam 5 sore, saya sempat foto2 sekeliling, karena sudah putus asa tidak boleh bawa motret di dalam gedung. Sehabis nitip tas, kemudian ikutan antri, dan masuk ke dalam gedung konser. Gedungnya ga sebesar gedung2 konser yg biasa dilihat di dvd2 konser H!P. 1 jam sebelum acara di mulai, di dalam gedung masih sepi, sampai kira2 10-15 menit baru makin banyak penonton yang masuk. Sepertinya tiketnya tidak sold out, karena banyak tempat yang lengang terutama di balkon, jadi kira2 terisi 80% dari semua tempat yang ada.. not bad lah..

Acara dimulai sekitar jam 6 lebih setelah sebelumnya para penonton dua kali ketipu sama tv di bagian dinding tengah panggung, kirain mau mulai, ternyata malah iklan donat :swt: . Akhirnya setelah beberapa menit, mulailah para momusu keluar dan memulai dengan Resonant Blue. Dan tentu saja, mulailah itu para penonton ber-"hoi! hoi! hoi!" sambil ngacung2kan lampu2 batang. Tiap fanclub sepertinya punya batang2an masing2, ada yg gambar ucing spt fanclubnya Reina ato huruf "Ai" buat Takahashi. Juga ada yg bikin lampu bertuliskan Eri (titik di huruf "i" nya diganti hati), lalu beberapa tulisan yang bisa bersinar lain. Juga ada yg bawa2 lampion, saya lupa apa tulisannya.

Setelah Resonant Blue, dilanjutkan dengan Onna ni Sachi Are. Di dua lagu ini saya masih mudeng2 ga jelas.. hehe.. soalnya ga begitu paham dua lagu itu. Setelah dua lagu itu, selanjutnya mulai acara perkenalan. Niigaki Risa yang bisa bahasa Korea (dan ternyata lebih fasih dari yang saya pernah lihat di acara... hadoh, acara apa itu lupa namanya...), mempimpin perkenalan dengan ucapan halo apa kabar annyeonghaseyo whatsoever, kemudian dilanjutkan dengan setiap member juga mengucapkan salam dalam bahasa Korea. Setelah itu, dilanjutkan dengan Egao Yes Nude (baru deh saya menikmati.. hihi..), lanjut ke Iroppoi Jirettai, dan Osaka Koi No Uta. Setelah itu, ada member talk, Niigaki Risa nanya ke member Momusu, kesan2 di Korea apa aja , trus diterjemahkan ke bahasa Korea. Jadi pertama doi nanya, siapa yg mo cerita? Trus ada member yang ngacung, trus ditunjuk ma Risa, trus cerita.

Setelah itu, kembali lagu dilanjutkan dengan Kanashimi Twilight, Ambitious Yashitenki de Ii jan, dan Roman My Dear Boy. Kemudian, dilanjutkan dengan Takahashi sendirian nyanyi Do it Now, pas akhir2 lagu, masuklah yang lain dengan baju ala Eropa (kira2 gitu deh.. hehe.. ). Pas lagu selesai, Ai ke belakang panggung, dilanjutkan dengan Risa memulai Mr. Moonlight Ai no Big Band, habis itu Takahashi keluar dengan baju ala pangeran. Sehabis selesai, Sayumi muncul di sebelah kiri panggung, duduk di tangga, nyanyi Furusato (sementara tivi di dinding panggung meng-close up wajahnya... pas adegan ini kok saya malah mikir si bos Junjun ya? Doi pasti histeris.. hehehehe...). Suara Sayumi masih sperti biasa, pas-pasan, tapi tetap berusaha dengan baik menyanyikan lagu (tak perlu gerak2 pula, bisa konsen deh..). Selesai itu, Kamei muncul dari sebelah kanan panggung nyanyi Namida ga Tomaranai Houkago (dengan aransemen musik yang berbeda dengan aslinya, jadi saya pikir kemarin itu lebih bagus dari versinya Konkon -suara dan musiknya- hehe..). Selesai itu, Tanaka Reina muncul nyanyi Memory Seishun no Hikari dan diikuti dengan Manatsu no Kousen dinyanyikan Niigaki Risa. (semua lagu solo, kecuali Do It Now, aransemennya dibikin beda ama aslinya).

Kemudian, dilanjutkan dengan semuanya tampil kembali nyanyi As for One Day dan Summer Night Town. Setelah itu, ada member talk lagi semacam talk bertiga Sayumi, Risa, Kamei. Saya gak begitu nangkep mereka ngobrolin apaan, tapi dari yg saya dengar sepertinya semacam pertanyaan dari fan buat mereka, dan mereka menjawab. Kemudian, lagu dilanjutkan dengan Kusumi, Mitsui, Junjun dan Linlin nyanyi Hyokkori Hyoutanjima, dan setelah itu Takahashi, Niigaki, Kamei, Tanaka dan Michishige nyanyi Morning Coffee. Berikutnya semua member muncul dan menyanyi medley: Daite Hold on Me, Chokkan 2 Nogashita Sakana wa Ookiizoo, Sexy Boy Soyokaze ni Yorisotte, Joshi Kashimashi Monogatari, dan diakhiri dengan Go Girl Koi no Victory.

Setelahnya ada member talk lagi, bertiga Risa, Kamei dan Linlin. Kamei dan Linlin masing2 cerita tentang hal2 menarik di Korea dalam bahasa Jepang dan China, dan Risa bolak balik antara mereka buat nerjemahin. Sehabis itu, lagu dilanjutkan, The Manpower dan Shabondama. Berikutnya kembali medley: I Wish, Happy Summer Wedding, Koi no Dance Site, Souda! We're Alive, The Peace dan diakhiri dengan Renai Revolution 21. Oh iyah, di bagian standing, ada beberapa wotas yang dengan semangat ikut menari sesuai lagu yang sedang dinyanyikan. Juga penonton seperti gak pernah capek, dengan konsisten ber-"hoi! hoi! hoi!" dan teriakan2 lain seperti "L! O! V! E! Lovely, Sayumi!" dst sambil mengacung2kan lampu batang. Yang bikin saya cukup terkesima, di konser ini penonton cewek jumlahnya terlihat lebih banyak dari cowok (nggak seperti yang biasa dilihat di DVD2 konser yang kebanyakan cowok2 remako.. hehe). Terusnya lagi, si cewek2 itu pun teriak2 histeris manggil2 nama member kesayangannya.. hebat deh...

Oke lanjut, berikutnya mereka menyanyikan Koko ni Iruzee, Mikan dan ditutup dengan Aruiteru. Sampai sini, seperti biasa, penonton mulai teriak2 "encore! encore!". Setelah ada 10 menit kurang, para momusu muncul lagi dengan ucapan salam penutup. Setiap member pakai kaos bertuliskan namanya, kaos warna pink dan biru muda, dengan celana pendek dan rok pendek jeans. Mereka kemudian menyanyikan Ai Araba it's All Right dan konser ditutup dengan Love Machine (tentu saja! udah saya tunggu2... hihi..).

Jadi... secara keseluruhan, konser ini cukup membuat saya bernostalgila dengan lagu2 Momusu, karena mereka menyanyikan semua single dari Morning Coffee sampai Resonant Blue (betul gak sih, semua? Tolong di cek lagi yah..). Cukup membuat saya ikut bernyanyi walaupun kelibas sama suara para penonton lain yang lebih keras, dan sempat ber hoi hoi, dan tak sengaja ikut ngacung2 tangan pas mulai Happy Summer Wedding.. hehe.. Intinya: saya benar2 beruntung bisa sempat nonton Momusu, dan benar2 menikmati konsernya (asalkan boleh bawa itu lensa VR 70-300mm ke dalam konser, pasti saya bakal lebih senang lagi .. sayangnya tidak bisa.. huiks huiks... ).

Jadi jadi jadi.... kalau mau ada konser Momusu di Indonesia, pastikan terlebih dahulu bakal banyak yang datang, pastikan di Indonesia ada fanbase yang cukup besar, yang mau beli cd/dvd original mereka. Intinya: kalau ada duitnya, mereka pasti deh datang.. heheh.. demikianlah... ujung2nya toh duit... Tsunku senang, Momusu riang, penggemar bahagia, tukang jualan juga senang (o iya, banyak asongan jualan lampu2 batang, teropong, dan minuman di halaman gedung konser), dan Houari juga senang :)

Dari: http://forum.momusuindo.net/blog/houari/morning_musume_10th_anniversary_concert_in_korea_b-30.html

Comments

hafiz ahmad said…
walah2, pak.. katanya udah insap dan bosan dengan momusu. ternyata.... XD
doi kan lagi membesarkan fanbase di negri kita, supaya momusu datang ;))
Houari Sabirin said…
yah mau bagaimana lagi pak, cita-cita yg dari dulu kok, salah sendiri momusunya baru sekarang ke korea
Houari Sabirin said…
bukan membesarkan, menyingnyirikkeun.. hehe.. (bahasa indonesianya apa itu menyingnyirikkeun?)
poetoe widhana said…
kalo momusu dateng ke sini, yang hadir pasti banyak fotografer prevert, hahaha :D

Popular posts from this blog

Palbong Bakery House, Cheongju

Karena nonton drama Kim Tak Gu, kisah si anak (haram) boss tukang roti, yang berjumlah 30 episode, dan setiap episode berdurasi 1 jam-an, jadinya terkena cuci otak berupa mengunjungi Palbong Bakery House tempat si Tak Gu belajar menjadi ahli roti. Lokasi shooting-nya ada di Soam-gol, Cheongju. Di kaki sebuah bukit di Sangdang-dong. Seperti lazimnya lokasi shooting, hanya tampak luar sahaja yang sesuai dengan apa yang ditampilkan di drama. Bagian dalam dari Palbong Bakery mungkin di-shoot di lokasi lain. Di Palbong Bakery yang di Cheongju ini isinya sekarang cafe kecil yang juga menjual roti (roti kampung, katanya...) bukannya rotinya si Tak Gu. Di lantai dua, kalau di drama-nya ceritanya adalah dapur roti, aslinya adalah sofa-sofa tempat pengunjung bisa santai-santai menikmati pemandangan kota Cheongju. Di Soam-gol nya sendiri, sebuah kampung dengan gang-gang di kaki gunung, sepertinya juga tempat shooting drama yang lain, soalnya ada foto-foto scene drama dan artis2nya. Se

Walküre 3rd Live - Walküre wa Uragiranai at Yokohama Arena

Jadi tahun ini akhirnya ada kesempatan ikut bermoyasu bersama dengan Walküre di 3rd live event di Yokohama Arena. Itu juga cuma dapat tiket berdiri di belakang baris terakhir di lantai 2, dan dengan sukses nonton setengah panggung dan setengah punggung orang di depan 😆. Sedangkan hari kedua gak dapat tiket dan mau nonton live viewingnya di Toho juga asa kumaha gitu... kalau kata kang Yayan mah kurang greget (tidak sambil menggerek leher pakai lampu TL). Anyway, jadi berikut ini sekilas highlight konsernya. Pagi-pagi habis subuh jadinya langsung melesat ke stasiun ke Shin-Yokohama, berkaca dari pengalaman di masa lalu dalam perihal mengantre buat concert goods. Jadi jam setengah 8an lebih akhirnya sampai di Yokohama Arena dan langsung kucluk-kucluk nyari tempat orang mengantre. Ekspektasinya sih udah mengular tapi ternyata jam segitu baru sekitar ada 30an orang. Yoy!! Mission accomplished! Cukup lah buat bisa dapet goods yang dikecengin. Kecuai kalau 30 orang itu pada bel