Skip to main content

1 bulan pas! (bagian ke-2)

... lanjutan dari bagian pertama ....

(udah lebih dari 1 bulan pas sih...)

Jadi ceritanya harus buru2 bikin rekening bank dan ngurus nomer telepon. Soalnya dua2nya mandatory requirement sama housing agency alias fudoushan. Dann.. sebelum ngurus rekening bank dan hape, alamat rumah di KTP Jepang harus di-fix-in dulu. Jadinya habis ketemu si (calon) bos, dan sekre lab, langsung berangkat ke balaikota kota Kawagoe. Kantornya ada di kota Fujimino, tapi karena (calon) rumah ada di Kawagoe, deket perbatasan kota Fujimino, jadinya jauuuh ke balaikotanya Kawagoe. Naik mobilnya si (calon) bos, Honda Jazz ("I am sorry my car is small..") heheh.. Di balaikota cuma agak sebentar, karena cuma ganti alamat ke alamat yang tetap, lalu dikasih sepaket buku dan brosur2 (kayak baru masuk SD.. hihi..). Dari sana, langsung ke bank... yang lokasinya deket kantor... Karena waktu sudah hampir jam 3, waktu tutupnya bank di sini, dan dari balaikota ke kantor lumayan jauh, jadinya sama si (calon) bos diturunin deket stasiun kereta, bareng mba sekre lab (tante sih, udah diatas 40 doi), naik kereta 3 stasiun ke stasiun deket kantor. Setengah lari ngejar kereta, alhamdulillah kekejar. Habis itu setengah lari lagi ke bank, yg sudah tutup! Tapi ternyata... di sini bisa juga ngga ketat2 amat aturan. Walaupun udah tutup (baru tutup tepatnya) jadi kami masih bisa ngurus rekening bank. Alhamdulillah... selesai juga urusan rekening bank, dan udah gelap di luar, padahal masih setengah lima. Ternyata di sini bulan segitu maghribnya setengah lima... (isya nya jam 6! aga aga gimana gitu isya jam 6...).

Nah pas bikin hape... Karena visanya cuma 1 tahun, sama provider nya gak boleh kontrak 2 tahun buat sumahon (bahasa Jepangnya smartphone...). Kalo ngga kontrak, mesti beli 80rb yen.. muke gile..!_! Lalu kalo hape biasa? Hape biasa juga gak bisa, mesti bayar 40rb yen... Akhirnya, berkat usulan si (calon) bos, kantor ngasih hape bekas (hape biasa), tapi nomernya baru, biar hemat uang katanya. Iya juga sih... Kalo beli hape, ntar sebulan sebelum gajian makan apa -____-;;; Jadilah punya hape baru.

Akhirnya setelah punya hape dan rekening bank, hari Sabtu-nya ketemu mas-mas di fudoushan. Dibandingkan di Korea, ngurus one room di Jepang jauh lebih rumit, terkesan semuanya mesti teratur dan dilakukan dengan seksama. Mulai dari asuransi, registrasi utilitas (gas, air, listrik, internet... internet! di sini internetnya bayar!) sampe ke nulis kanji di formulir pendaftaran harus ditulis sendiri (ebuset dah, pelan-pelan banget nulis alamat kantor, nama divisi, alamat rumah, dsb...). Jadinya, daftar one room nya emang gak pake deposit, tapi harus bayar minimal 2 bulan kedepan plus biaya kunci dan pendaftaran (dll. dll.). Total-total, pas ngurus sama si mas agency nya, harus bayar 250an ribu @_@... wewewew duit dari mana... belum gajian pun. Akhirnya sama si mas nya ditawarin daftar sebulan dulu, baru habis itu ngurus kontrak long term, bayarnya "cukup" 140an ribu aja (yen lho, dari tadi mata uang nya yen!!). Karena ngga ada pilihan lain, akhirnya di-iya-in aja, walaupun duit tersisa dari bawa dari Indonesia tinggal 190ribu yen -_-. Daaannn... itupun gak bisa langsung masuk kamar, butuh seminggu dulu buat ngurusin gas, listrik, air... dst, baru bisa masuk kamar seminggu setelahnya... akhirnya di guest house tinggal seminggu lagi (makin miskiiinnn).

... bersambung ke bagian tiga yaah ....

Comments

Popular posts from this blog

Palbong Bakery House, Cheongju

Karena nonton drama Kim Tak Gu, kisah si anak (haram) boss tukang roti, yang berjumlah 30 episode, dan setiap episode berdurasi 1 jam-an, jadinya terkena cuci otak berupa mengunjungi Palbong Bakery House tempat si Tak Gu belajar menjadi ahli roti. Lokasi shooting-nya ada di Soam-gol, Cheongju. Di kaki sebuah bukit di Sangdang-dong. Seperti lazimnya lokasi shooting, hanya tampak luar sahaja yang sesuai dengan apa yang ditampilkan di drama. Bagian dalam dari Palbong Bakery mungkin di-shoot di lokasi lain. Di Palbong Bakery yang di Cheongju ini isinya sekarang cafe kecil yang juga menjual roti (roti kampung, katanya...) bukannya rotinya si Tak Gu. Di lantai dua, kalau di drama-nya ceritanya adalah dapur roti, aslinya adalah sofa-sofa tempat pengunjung bisa santai-santai menikmati pemandangan kota Cheongju. Di Soam-gol nya sendiri, sebuah kampung dengan gang-gang di kaki gunung, sepertinya juga tempat shooting drama yang lain, soalnya ada foto-foto scene drama dan artis2nya. Se

Walküre 3rd Live - Walküre wa Uragiranai at Yokohama Arena

Jadi tahun ini akhirnya ada kesempatan ikut bermoyasu bersama dengan Walküre di 3rd live event di Yokohama Arena. Itu juga cuma dapat tiket berdiri di belakang baris terakhir di lantai 2, dan dengan sukses nonton setengah panggung dan setengah punggung orang di depan 😆. Sedangkan hari kedua gak dapat tiket dan mau nonton live viewingnya di Toho juga asa kumaha gitu... kalau kata kang Yayan mah kurang greget (tidak sambil menggerek leher pakai lampu TL). Anyway, jadi berikut ini sekilas highlight konsernya. Pagi-pagi habis subuh jadinya langsung melesat ke stasiun ke Shin-Yokohama, berkaca dari pengalaman di masa lalu dalam perihal mengantre buat concert goods. Jadi jam setengah 8an lebih akhirnya sampai di Yokohama Arena dan langsung kucluk-kucluk nyari tempat orang mengantre. Ekspektasinya sih udah mengular tapi ternyata jam segitu baru sekitar ada 30an orang. Yoy!! Mission accomplished! Cukup lah buat bisa dapet goods yang dikecengin. Kecuai kalau 30 orang itu pada bel